Merawat Kenari Mabung / Ngurak Supaya Cepat Selesai - Tunggak Semi

Merawat Kenari Mabung / Ngurak Supaya Cepat Selesai

4 Langkah Perawatan Terbaik Saat Burung Kenari Mabung

Kenari Mabung

Hampir dari semua kicaumania pasti sudah melawati fase dimana burung terlihat seperti merontokan bulunya yang sering disebut mabung atau bahasa kerenya molting, ini adalah saat dimana semua burung dan tepatnya kenari akan merasa tidak punya "jati diri" karena terlihat sekali mereka tidak bergairah bergerak dan jarang bunyi. Kebiasaan semua burung termasuk kenari adalah dimana mereka akan sering merapihkan bulu mereka preening dan saat mabung hal ini tidak bisa dilakukan ini pasti menyiksa mereka.

Kesalahan besar menurut saya ketika kenari mabung tetapi masih saja di kemas untuk tetap aktif beraktifitas dan dipaksa berbunyi malah terkadang di berikan doping atau suplemen bunyi untuk lomba ini yang malah akan menurunkan kondisi mereka, ya pendapat breeder masing-masing berdasarkan pengalaman pasti berbeda.

Sebenarnya cara tepat merawat kenari saat mabung adalah faktor terpenting untuk mempercepat penumbuhan bulu baru agar kenari bisa kembali ngoceh dan beraktifitas kembali. Berikut beberapa perawatan yang perlu diperhatikan.  

4 Cara Paten Merawat Kenari Mabung

1. Angin-angin kan kenari ditempat yang tidak lansung menerima cahaya matahari, mengapa? ini karena saat mabung kenari tidak membutukan asupan cahaya matahari bagi tubuhnya. 
2. Jangan mandikan kenari saat mabung, saat kenari merontokan bulunya dan kita memandikan mereka ini malah menghambat proses perontokan, jadi mulai mandikan kenari saat mereka memulai proses penumbuhan bulu baru bukan pada saat mereka merontokan bulunya.
3. Berikan asupan pakan mengandung protein keratin, kadar protein jangan melebihi 30% karena pada saat kadar protein terlalu tinggi ini akan membuat kenari malah sering bunyi dan birahi, ini tidak bagus karena pada saat mabung kenari tidak di anjurkan untuk berbunyi. Lalu makanan apa yang dianjurkan untuk diberikan saat kenari mabung : 

Mix pakan saat kenari mabung :


Eggs food : Makanan ini sangat direkomendasikan karena kadar proteinnya 23% pas untuk kenari saat mabung, eggs food digunakan sebagaienergy boost dan sumber dari biotin. 

Flaxfeed : pakan ini seperti biji bunga matahari hanya flax lebih mungil biasanya memiliki warna coklat dan kuning, Sedikit memiliki kandungan lemak tetapi tidak berlebihan cukup sebagai asupan lemak kenari saat mabung.

( Flaxseed dan eggs food untuk kenari biasanya banyak di jual di toko-toko besar atau hanya dapat di beli di beberapa toko online pakan burung. )

Sayuran : Pastikan juga meraka mendapatkan asupan sayur seperti wortel, brokoli, labu dan beberapa sayuran hijau lain.

Canary seed : Biji kenari tetap menjadi pakan utama, tetapi ingat bukan biji kenari dengan kualitas standard upayakan agar kenari mendapatkan asupan pakan yang lebih baik walaupun biasanya harganya sedikit lebih mahal.

4. Banyak yang mengatakan kenari akan bagus jika di kerodong terus saat mabung, ya itu benar karena tidak ada cahaya matahari yang masuk tetapi jika itu dilakukan berhari-hari ini malah tidak baik untuk kenari itu sendiri, jadi upayakan untuk membuka kerodong 15-30 menit sehari agar kenari. 

Sekian artikel dari saya semoga ini dapat membantu para pencinta kenari yang belum tau cara perawatan kenari saat mabung.

Tag :
kenari ngorak agar cepat selesai, tips menuntaskan kenari mabung, kenari bodol agar cepat selesai, supaya bulu kenari mabung cepat tumbuh, mempercepat pertumbuhan bulu kenari yang ngurak.

0 Response to "Merawat Kenari Mabung / Ngurak Supaya Cepat Selesai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel