Cara beternak burung merpati kusus pemula agar berhasil - Tunggak Semi

Cara beternak burung merpati kusus pemula agar berhasil

Apa tujuan dari pengembangbiakan yang dilakukan oleh hewan? Tujuan dari pengembangbiakan yang dilakukan oleh hewan adalah untuk mempertahankan keberadaan jenisnya. 
Jika tidak berkembangbiak, maka keberadaan jenisnya akan punah begitu saja. Begitu pula dengan merpati. Merpati berkembangbiak bertujuan untuk mempertahan keberadaan jenisnya di dunia ini. 
Cara Beternak Burung Merpati Kusus Pemula
Cara berkembangbiak merpati adalah dengan proses perkawinan. Perkawinan merpati dibagi menjadi dua jenis. Yaitu perkawinan keluar dan perkawinan sendiri.
Apa itu perkawinan keluar? Dan apa itu perkawinan sendiri? Perkawinan keluar adalah perkawinan yang dilakukan antara burung merpati yang berbeda jenisnya atau tidak satu keluarga dengannya.
Sedangkan perkawinan sendiri adalah perkawinan yang dilakukan dengan satu jenis merpati yang sama. Atau dengan kata lain merpati tersebut kawin dengan keluarganya sendiri.
Cara mana yang lebih banyak digunakan para penangkar untuk mengawinkan burung merpati posnya? Cara paling banyak digunakan para penangkar adadlah perkawinan keluar. Mengapa harus perkawinan keluar? 
Mengapa bukan perkawinan sendiri? Karena, perkawinan keluar itu dapat dipastikan akan menghasilkan variasi baru yang berbeda dari kedua induknya. Dan dengan begitu, variasi burung merpati pos akan bertambah semakin banyak. 
Sedangkan perkawinan sendiri, kemungkinan mendapatkan variasi yang baru itu lebih kecil. Anakan hasil perkawinan sendiri biasanya akan sama persis dengan kedua indukannya tersebut. 
Namun, jika pemelihara burung merpati tersebut menginginkan keturunan induknya tetap bertahan, maka ia akan mengawinkan dengan cara perkawinan sendiri. 
Kebanyakan bibit yang baik adalah bibit yang berasal dari perkawinan keluar. Mengapa begitu? Karena, merpati yang tidak satu jenis (satu keluarga) pasti memiliki kelebihan masing-masing.
Kelebihan tersebut akan diturunkan kepada anaknya. Dengan begitu, bibit dari indukan tersebut dapat menjadi burung yang bermutu tinggi, sebab kedua indukannya memiliki kelebihan masing-masing.
Cara mengawinkan burung merpati dengan cara perkawinan luar itu  sama seperti perkawinan pada umumnya. Pertama-tama kita masukkan dahulu kedua merpati tersebut ke dalam satu kandang yang sama. 
Lihatlah terlebih dahuli, jika keduanya saling mendekat, berarti mereka berjodoh. Dan jika saling menyerang satu sama lain, berarti mereka tidak berjodoh. Dan pisahkanlah burung yang kedapatan saling menyerang satu sama lain.

0 Response to "Cara beternak burung merpati kusus pemula agar berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel