Cara Memelihara kesehatan burung merpati dewasa yang benar - Tunggak Semi

Cara Memelihara kesehatan burung merpati dewasa yang benar

Kesehatan merupakan hal yang paling utama bagi makhluk hidup. Tak terkecuali burung merpati. Karena burung merpati sedang berada di dalam suatu penangkaran, jadi yang menjaga kesehatannya adalah penangkar. Sebagai seorang penangkar yang baik, kita harus menjaga kesehatan merpati supaya ia tidak mudah sakit.
Apalagi burung merpati yang dikhususkan untuk diikutkan dalam sebuah kompetisi. Kita sebagai penangkar hendaknya lebih jeli lagi dalam memelihara burung merpati ini.
Memelihara Kesehatan Burung Merpati Dewasa
Apalagi burung merpati mempunyai sifat yang pandai menyembunyikan sakitnya itu. Jangan sampai kita tidak tahu ketika burung merpati sedang sakit.
Tingkah laku merpati bisa sebagai salah satu acuan dalam melihat kesehatan burung merpati. Jika burung menunjukkan tingkah laku yang aktif seperti biasanya, berarti merpati sehat-sehat saja.
Akan tetapi, jika tingkah laku burung sedikit berbeda dari biasanya, yaitu lebih cenderung diam saja, berarti burung sedang sakit.
Selain itu, kesehatan burung bisa dilihat juga dari kondisi tubuhnya. Beberapa bagian tubuh yang bisa menjadi acuan dalam melihat kesehatan burung adalah seperti pada bagian mata, bulu, dan tenggorokannya. 
Jika burung tersebut sehat maka bagian matanya akan jernih. Selanjutnya bulu-bulunya akan tampak mengkilat dan jika kita pegang bulunya terasa halus. Dan yang terakhir adalah tenggorokannya yang bersih dengan lendir. 
Sebaliknya, jika burung merpati tersebut sakit, maka bagian matanya akan kelihatan terdapat lendirnya. Bulu-bulunya pun berwarna kusam dan warna bulunya pun sudah tidak seperti pada warna bulu yang sedang sehat. 
Bagian tenggorokannya pun terdapat lendir. Jika penyakitnya sudah parah, maka tenggorokannya akan dipenuhi dengan lendir yang begitu banyak. 
Lendir yang begitu banyak pada bagian mata dan tenggorokan tentunya akan menggangu burung. Bahkan bisa mengakibatkan kesahalan fatal. COntohnya saja jika lendir yang terlalu banyak pada mata akan menyebabkan mata menjadi buta. 
Untuk menghindari beberapa hal diatas, kita harus menjaga kesehatan burung dengan baik. Cara menjaga kesehatan burung itu sebenarnya mudah. 
Tetapi banyak penangkar yang malas melakukannya. Contohnya saja dalam hal membersihkan kandang. Tidak semua penangkar yang mau membersihkan kandang secara rutin.
Mungkin hanya beberapa penangkar saja. Untuk itu, demi menjagaa kesehatan burung kita harus menjaga kebersihan kandang. Kandang cukup dibersihkan dua kali sehari

0 Response to "Cara Memelihara kesehatan burung merpati dewasa yang benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel