Cara mengawinkan / menjodohkan induk merpati liar - Tunggak Semi

Cara mengawinkan / menjodohkan induk merpati liar

Dalam masalah kawin, merpati mempunyai 3 jenis cara berkawin. Jenis-jenisnya adalah, perkawinan marga atau crossbreeding, dan yang terakhir adalah perkawinan keluar atau outcrossing.h
Yang paling banyak dipakai oleh penangkar untuk mengawinkan burung merpatinya adalah perkawinan dengan cara keluar atau outcrossing.  
Cara Mengawinkan Induk Merpati Liar
Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang macam-macam perkawinan yang bisa digunakan untuk mengawinkan merpati, mari kita simak penjelasan di bawah ini secara mendetail.
Perkawinan marga merpati
Perkawinan marga merupakan perkawinan yang dilakukan oleh merpati dengan cara mengawinkan merpati dengan anggota keluarga merpati tersebut. Biasanya, yang melakukan perkawinan marga adalah merpati yang ada di penangkaran. 
Untuk merpati yang ada di alam liar hanya sedikit saja. Di dalam satu penangkaran terdapat satu anggota keluar merpati yang masih memiliki hubungan darah. 
Yang masih memiliki hubungan darah itulah yang akan dikawinkan. Apa tujuan dari perkawinan seperti ini? Tujuan dari perkawinan ini adalah supaya keturunan dari anggota keluarga tersbeut tidak akan punah sampai kapanpun. 
Dengan arti kata lain adalah penangkar yang menangkarkan burung merpati ini tidak mau keturunan dari suatu kelompok merpati tersebut punah. Bukankah perkawinan dengan cara seperti ini hanya sedikit kemungkinannya mendapatkan variasi merpati yang baru?
Ya memang perkawiann seperti ini tidak akan menambah variasi merpati yang baru. Karena tujuan dari perkawinan marga ini adalah mempertahankan keturunan dari suatu kelompok merpati.
Perkawinan Keluar merpati
Perkawinan keluar atau bahasa latinnya outcrossing berbeda dengan perkawinan marga. Perkawinan ini merupakan perkawinan yang dilakukan antara merpati yang tidak ada hubungan darahnya.
Perkawinan dengan cara seperti ini banyak digunakan oleh penangkar. Mengapa begitu? Karena perkawinan dengan cara seperti ini dapat menghasilkan variasi merpati yang baru.
Jika perkawinan dengan cara perkawinan marga kemungkinan mendapatkan variasi merpati yang baru itu sangat kecil, perkawinan dengan cara keluar kemungkinan menghasilkan variasi merpati yang baru itu sangat besar.
Mengapa begitu? Karena merpati yang dikawinkan dengan cara perkawinan keluar dapat kawin dengan merpati mana saja yang tidak satu keluarga. Dengan dedmikian, burung dapat melahirkan variasi baru lagi.

0 Response to "Cara mengawinkan / menjodohkan induk merpati liar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel