Cara Menjaga kesehatan burung merpati harian - Tunggak Semi

Cara Menjaga kesehatan burung merpati harian

Sebagai penangkar burung merpati yang baik, tentunya kita harus memperhatikan kebersihan kandang merpati. Kandang merupakan tempat dimana burung akan tinggal di dalamnya selama hidupnya.
Seperti halnya manusia yang menginginkan tempat tinggalnya bersih setiap hari, merpatipun juga begitu. Pasti ia menginginkan tempatnya tetap bersih setiap harinya.
Menjaga Kesehatan Burung Merpati Harian
Kandang yang bersih juga akan membuat tetangga tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari kandang yang tidak bersih tersebut. Membersihkan kandang sebenarnya mudah. Hanya saja dibutuhkan kemauan dari penangkar itu sendiri.
Jika penangkar tidak punya kemauan untuk membersihkan kandang, tentunya kandang tidak akan bersih. 
Sebaliknya, jika penangkar mempunyai kemauan untuk membersihkan kandang merpati, tentunya kandang akan selalu bersih setiap harinya.
Memberisihkan kandang paling lama adalah satu hari dua kali. Pada waktu kapan saja membersihkan kandang? Pertama kali, membersihkan kandang bisa dilakukan pada wakatu pagi hari.
Pada saat pagi hari, selesai burung merpati dimandikan dan kemudian dijemur. Saat itulah kita bisa membersihkan kandang. Kita bisa leluasa untuk membersihkan kandang. 
Waktu yang kedua adalah pada sore hari. Pagi hari dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk membersihkan kandang karena pada saat itu burung bisa dijemur di luar kandang. 
Pada saat proses penjemuran itulah ktia bisa memberishkan kandang tanpa harus terganggu dengan adanya burung di dalamnya.  
Bagaimana cara membersihkan kandang? Caranya, pertama-tama kita keruk terlebih dahulu lantai seluruh kandang sampai tidak tersisa lagi kotoran yang ada di dalamnya.
Kemudian lantai kandang dipercikkan air yang dicampur dengan larutan pembunuh kuman bakteri. Pilihlah larutan yang berbau wangi. Tujuannya adalah supaya kandang merpati berbau harum dan tidak berbau busuk. 
Tunggu lantai sampai kering dari air. Setelah itu, barulah kita bisa menyapu lantai kandang burung merpati. Setelah bersih, barulah merpati bisa kita masukkan kembali ke dalam kandangnya.  
Lantai kandang sebaiknya dibuat miring. Tujuannya adalah supaya ketika dibersihkan menggunakan air, kandang cepat kering.  
Tujuan lainnya adalah supaya urinnya bisa langsung turun ke bawah. Jadi, kandang tidak berbau busuk. Kandang yang baik adalah yang terbuat dari semen. Mengapa begitu? Karena, semen mudah dibersihkan dan tahan lama.

0 Response to "Cara Menjaga kesehatan burung merpati harian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel