Cara Merawat ganti bulu mabung pada burung merpati - Tunggak Semi

Cara Merawat ganti bulu mabung pada burung merpati

Ganti bulu merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap burung, tak terkecuali pada burung merpati. Biasanya, merpati pertama kali mengalami masa ganti bulu adalah ketika merpati menginjak usia 8 bulan.

Orang-orang banyak menyebutnya dengan istilah pergantian bulu dari anak-anak menjadi bulu dewasa. Maka dari itu merpati sudah tidak dianggap lagi sebagaimerpati anakan karena bulunya sudah berganti. 
Merawat Ganti Bulu Mabung pada Burung MerpatiApakah ada burung merpati yang mengalami ganti buludi bawah usia normal yaitu 8 bulan? Ya, ada. Merpati yang ganti bulu di bawah umur 8 bulan, biasanya hormon pada tubuhnya sedang bermasalah. Karena itulah pergantian bulu terjadi sebelum masanya ganti bulu terjadi. 

Akan tetapi menurut data yang diambil dari beberapa anakan merpati, yang mengalami pergantian bulu di bawah usia normal itu hanya sedikit saja. Selebihnya pergantian bulu akan berjalan normal. 
Ketika burung sedang mengalami masa ganti bulu, berilah asupan makanan yang baik. Tujuannya agar bulu-bulu yang telah rontok akan cepat tumbuh kembali.
Jika kita tidak memberikan asupan makanan yang bergizi pada saat merpati ganti bulu yang terjadi adalah bulunya akan lama sekali tumbuh. Bukankah itu akan menyiksa burung merpati jika dibiarkan lama-lama tidak berbulu?
Untuk pergantian bulu yang normal biasanya terjadi paling lama 2 minggu. Lebih dari 2 minggu, berarti itu pergantian bulu yang tidak normal.
Jika biasanya merpati bersikap traktif, pada waktu 2 minggu (pada waktu ganti bulu) tersebut merpati akan lebih banyak berdiam diri di kandang. Mengapa burung merpati berdiam diri di dalam kandang?
Itu karena merpati menahan sakit karena bulu-bulunya yang pada rontok. Tidak hanya merpati saja yang mengalami hal seperti ini, akan tetapi burung-burung jenis lain juga akan mengalami hal seperti ini.
Kita tidak perlu khawatir jika merpati berdiam diri di dalam kandang karena itu merupakan hal yang biasa bagi merpati tersebut.
Supaya merpati tidak terus menerus berdiam diri karena menahan rasa sakit akibat bulunya yang rontok, kita harus meringankan beban merpati. 
Caranya dengan memberikan multivitamin. Multivitamin yang dipilih adalah multivitamin untuk membuat bulu merpati cepat tumbuh. Cara memberikannya kepada merpati adalah dengan memasukkan ke dalam minuman merpati.

0 Response to "Cara Merawat ganti bulu mabung pada burung merpati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel