Ciri Dan Gejala Burung Parkit Terserang Penyakit - Tunggak Semi

Ciri Dan Gejala Burung Parkit Terserang Penyakit

Penyakit yang kerap menyerang burung parkit sudah tidak asing lagi bagi peternak yang memelihara burung parkit. Jika peternak menginginkan agar burung parkit tidak sakit, maka perlu menjaga kebersihan kandang, karena salah satu penyebab timbulnya penyakit pada burung parkit adalah kandang yang kotor. Kesehatan burung adalah nomor satu.
Ciri Dan Gejala Burung Parkit Terserang Penyakit
Maka dari itu peternak harus menjaga selalu kebersihan kandang supaya burung parkit tetap selalu sehat. 
Dalam membersihkan kandang, penangkar harus melakukannya sesering mungkin. Janganlah menunggu sampah di sektiar kandang menumpuk, karena itulah yang membuat timbulnya penyakit pada burung. Setiap harinya, kandang dibersihkan hanya pada pagi hari saja. Manfaat membersihkan kandang adalah membasmi virus, bakteri. 
Adapun cara membersihkan kandang adalah sebagai berikut: Bersihkan lantai dari kotoran-kotoran burung yang berserakan di lantai, sisa makanan burung parkit yang berjatuhan di lantai harus selalu dibersihkan, dan lain-lain. 
Tujuan pembersihan kandang adalah supaya kandang tidak kelihatan berserakan. Setelah penangkar membersihkan kandang, kotoran hasil dari pembersihan kandang harus lah dibakar ataupun ditimbun. 
Kenapa harus dibakar ataupun ditimbun? Karena, kotoran burung parkit dapat menimbulkan penyakit yaitu seperti penyakit alergi, apabila kotoran ini sampai terhirup manusia. 
Kematian burung parkit bukan semata-semata hanya karena keadaan disekitar kandang saja, tetapi ada juga penyebab lain yang menyebabkan parkit mati. Salah satunya penyebabnya adalah kurang lengkapnya asupan gizi burung tersebut. Dan satu lagi penyebabnya yaitu stres. Stres pada burung bisa diakibatkan dari berbagai macam.  
Suhu yang berubah-ubah, dan kebersihan kandang yang kurang diperhatikan. Burung parkit yang terkena stres ini lambat laun burung parkit akan mati. Kalau penangkar menginginkan burng parkit selalu sehat, maka perhatikan kesehatan burung parkit anda. 
Jangan sampai burung parkit menjadi sakit. Ketika burung sakit, maka kita harus mengetahuinya dengan cepat agar dapat ditindak dengan cepat pula. Berikut beberapa cara melihat bagaimana keadaan burung parkit. 
  • Bulu dan sayap
Sayap burung terlihat lemah dikedua-dua nya, burung tidak lagi menata bulu-bulunya tersebut, lusuhnya bulu burung tersebut seperti tidak terurus.
  • Tubuh
Di tubuh burung dapat ditemukan benjolan.
  • Mata
Ketika sakit, burung sering memejamkan matanya, adannya cairan yang keluar dari mata yagn biasanya tidak terjadi ketika burung tidak sakit.

0 Response to "Ciri Dan Gejala Burung Parkit Terserang Penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel