Gejala / tanda burung merpati jika terserang penyakit - Tunggak Semi

Gejala / tanda burung merpati jika terserang penyakit

Pada burung merpati, tidak hanya ditemukan serangga yang menyerang burung merpati, tetapi juga dapat ditemukan penyakit pada burung merpati. Disini akan dibahas apa saja penyakit yang ditemukan pada burung merpati.
Gejala Merpati jika Terserang Penyakit
Menjadi Kurus
Seperti halnya manusia, sebenarnya kurus bukanlah termasuk penyakit. Akan tetapi gejala akan terjadi penyakit. Penyakit kurus ini tidak bisa disembuhkan bila belum diketahui apa penyakitnya. 
Pilek
Pada burung merpati, penyakit pilek ini sama dengan penyakit pilek yang dialami oleh manusia. Penyakit pilek ini biasanya disebabkan oleh cuaca yang berubah-ubah.  
Pilek termasuk ke dalam penyakit yang bukan disebabkan oleh manusia. Cuaca yang dapat berubah-ubah terkadang menyulitkan para penangkar untuk mendeteksi kapan cuaca akan berubah, 
Tanda-tanda merpati terserang pilek adalah burung akan mengeluarkan lendir dari hidungnya. Merpati yang terserang pilek biasanya daya tahan tubuhnya akan turun.   
Akibatnya burung yang tidaknya aktif menjadi tidak aktif lagi. Untuk menyembuhkan burung yang pilek sebenarnya tidaklah sulit.  
Hanya dengan antibiotik kepada burung, kemudian burung akan sembuh. Untuk membuat daya tahan tubuh merpati kembali lagi, berikan minyak ikan. Jangan terlalu kebanyakan memberikan minyak ikan kepada merpati, karena akan berakibat fatal.  
Cacar
Cacar pada merpati sama seperti cacar pada manusia. Mulanya merpati yang terkena cacar akan timbul bintik-bintik seperti kutil di badan merpati.
Biasanya cacar menyerang pada bagian kulit atau pada leher merpati.  Penyebab cacar adalah virus yang dibawa oleh nyamuk. Nyamuk akan menggigit merpati kemudian akan menimbulkan kutil di tempat tersebut. 
Cacar dapat diobati dengan memberikan vaksin khusus kepada merpati. Biasanya, ketika sudah divaksin burung tidak bisa langsung sembuh, tetapi harus melalui tahap demi tahap.  
Penyakit Kanker
Berbicara mengenai kanker, pasti yang ada dipikiran kita adalah suatu penyakit yang menyeramkan. Begitu pula dengan penyakit kanker yang menyerang oleh merpati.  
Merpati yang terserang penyakit kanker akan menunjukkan gejala-gejala, seperti timbulnya tonjolan di leher merpati. Tonjolan tersebut lama kelamaan akan membesar.  
Burung yang terserang penyakit ini sebaiknya dipisahkan dari penangkaran, karena penyakit ini termasuk kedalam penyakit yang dapat menular. 
Maka dari itu, daripada burung-burung yang lain jadi sakit semua, lebih baik burung yang terserang kanker dipisahkan.

0 Response to "Gejala / tanda burung merpati jika terserang penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel