Jenis penyakit yang menyerang burung merpati - Tunggak Semi

Jenis penyakit yang menyerang burung merpati

Seperti burung pada umumnya, merpati juga bisa terkena serangan penyakit. Akan tetapi, kemungkinan terserang penyakit tidak sebesar kemungkinan terjadi pada burung lainnya. 
Sifatnya yang mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi membuatnya jarang terserang penyakit. Merpati mampu menahan serangan kuman-kuman yang memungkinkan bisa ditahan oleh tubuhnya.
Akan tetapi, jika tubuh merpati sudah merasra tidak mampu menahan semua serangan bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya, ia bisa saja terserang oleh penyakit itu sendiri.
Jenis-jenis Penyakit Pada Burung Merpati
Penyebab merpati sakit tidak hanya satu hal saja tetapi ada beberapa hal. Seperti kurangnya kesadaran penanagkar untuk membersihkan kandang sehingga begitu banyak bakteri yang masuk ke dalam sangkar merpati. Untuk mengetahui bakteri-bakteri apa saja yang dapat menyerang merpati, simaklah uraian berikut ini. 
Lalat
Lalat yang menyerang merpati ini tidaklah layaknya seperti lalat pada umumnya. Lalat yang menyerang merpati ukurannya lebih kecil dari lalat pada umumnya. Lalat yang menyerang merpati ini disebut dengan lalat merpati. Mengapa dinamakan sebagai lalat merpati?
Karena lalat ini hanya akan menyerang merpati saja. Untuk manusia atau binatang lainnya biasanya lalat ini tidak mau. 
Sifat lalat merpati juga sama seperti lalat pada umumnya. Lalat ini  menyerang mangsanya dengan cara berbanak pinak di dalam kanang merpati. 
Mula-mulanya ia akan masuk ke dalam kandang si burung tadi, kemudian ia akan bertelur di dalam kandang tersebut. Tak jarang juga lalat merpati ini hinggap di tubuh burung dan bertelur di antara bulu-bulu burung yang dihinggapinya. 
Cara menanggulangi lalat ini sangatlah mudah. Penangkar hanya perlu menyemprotkan kandang yang terdapat telur-telur lalatnya. 
Jika kedapatan di dalam bulu burung terdapat telur lalat, semprotlah sampai bersih. Air yang untuk menyemprotkan juga bukan dari air biasa, tetapi ada obat khusus yang harus di masukkan ke dalam air yang akan disemprotkank tersebut. 
Kutu
Membahas mengenai kutu mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kutu mmungkin banyak menyerang manusia bahkan hewan sekalipun. 
Burung merpati salah satunya yang terkena serangan kutu. Kutu merupakan binatang pemangsa yang mungkin bisa berakibat fatal bagi si burung yang terkena serngannya tersebut.
Kutu dapat mengisap darah burung sehingga bisa saja merpati akan kekurangan darah jika setiap hari dihisap. Kutu yang banyak akan membuat merpati menjadi terganggu. Jenis penyakit yang menyerang burung merpati
Kutu dapat dimusnahkan dengan cara memberikan cairan khusus yang terbuat dari bubuk kemudian dilarutkan ke dalam air yang akan disemprotkan ke tubuh burung yang terkena kutu.

0 Response to "Jenis penyakit yang menyerang burung merpati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel