Pakan bagus kusus untuk anakan merpati pos - Tunggak Semi

Pakan bagus kusus untuk anakan merpati pos

Anakan merpati memiliki tubuh yang rentan terkena penyakit. Untuk itu, anakan merpati memerlukan zat gizi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuhnya. Jika kebutuhan akan zat gizi tidak terpenuhi, maka bisa saja anakan merpati akan sakit.
Sebagai seorang penangkar yang baik, hendaknya kita tahu apa saja yang dibutuhkan oleh merpati. Termasuk kebutuhan akan zat gizi ini.
Pakan kusus Untuk Anakan Merpati Pos
Bagaimana cara memenuhi zat gizi yang dibutuhkan oleh anakan merpati? Caranya adalah dengan memberikan pakan kepada anakan merpati yang memiliki kandungan gizi.
Pada saat anakan merpati baru menetas, induknya lah yang akan memberikan pakan terlebih dahulu. Jadi, penangkar tidak perlu memberikan pakan lagi kepada anakan merpati. 
Memang kita tidak perlu memberikan pakan kepada anakan merpati. Tetapi, kita perlu memberikan pakan kepada indukannya. Mengapa begitu? 
Karena pakan yang diberikan indukan kepada anaknya itu berasal dari dalam tubuhnya. Indukan merpati akan memproduksi cairan susu di dalam temboloknya. Dari makananlah indukan bisa memproduksi cairan susu tersebut. 
Namun, pemberian pakan kepada indukan tidaklah sama ketika indukan belum memproduksi cairan itu. Pemberian akan harus ditingkatkan lagi, yaitu sekitar empat kali lipat dari semula. Dengan begitu, indukan bisa menghasilkan cairan susu yang maksimal dan diberikan kepada anakan merpati.
Setelah umur anakan sekitar 12 hari, anakan bisa mulai diberikan pakan seperti biji-bijian. Biji-bijian tersebut sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu, karena anakan burung tidak bisa menelan biji-bijian yang masih keras itu. 
Periksalah terlebih dahulu pakan yang mau diberikan kepada  merpati. Siapa tahu saja di dalam makanan tersebut terdapat kuman yang dapat membuat anakan merpati sakit. 
Apalagi anakan merpati rentan sekali terkena penyakit. Jika anakan merpati sudadh merasa muak dengan pakan yang diberikan padanya setiap hari, kita bisa menggantinya dengan sayur-sayuran. 
Ingatlah, sebelum memberikan sayuran harus dicuci terlebih dahulu. Cucinya pun harus menggunakan air bersih. Kalau bisa menggunakan air yang telah dimasak terlebih dahulu. 
Pakan yang kotor akan membuat anakan menjadi sakit. Terlebih lagi sayuran yang biasanya mengandung bakteri-bakteri yang dapat mematikan bagi siapa saja yang memakannya. Sayuran juga baik untuk kesehatan anakan merpati. Terlebih lagi untuk kesehatan pencernaannya. Pencernaannya akan lancar jika anakan merpati memakan sayur-sayuran yang baik.

0 Response to "Pakan bagus kusus untuk anakan merpati pos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel