Tips cara menggantang perkutut harian yang benar - Tunggak Semi

Tips cara menggantang perkutut harian yang benar

Burung perkutut yang berkualitas sangat perlu untuk kita lakukan penggantangan setiap hari kususnya pada pagi hari.selain mampu menyehatkan perkutut tersebut, perkutut juga akan lebih gacor jika kita lakukan penggantangan.  Tips dan trik cara menggantang perkutut harian yang benar
Apa itu menggantang perkutut? Menggantang perkutut adalah meletakkan perkutut pada ketinggian yang bisa Anda tentukan sendiri. Menggantang perkutut sebaiknya dilakukan pada pagi hari ataupun pada sore hari.
Tips Dan Trik Menggantang Perkutut Harian
Mengapa harus pada pagi hari dan sore hari? Sebab, pada saat pagi hari, sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan matahari. 
Dan pada sore hari, sinar matahari yang tenggelam juga bagus untuk kesehatan perkutut. Maka dari itu, disarankan perkutut digantang pada pagi dan sore hari.
Pada pagi hari penggantangan perkutut dilakukan sekitar pukul 06.00-10.00 dan pada sore hari penggantangan dapat dilakukan sekitar pukul 16.00-18.00. 
Apa manfaat penggatangan pada perkutut? Manfaat penggantangan pada perkutut adalah supaya perkutut dapat terlatih untuk berkicau. Pada saat perkutut dikerek perkutut akan meluapkan kesenangannya karena dapat berada pada ketinggian seperti di alam bebas. Disaat meluapkan kesenangannya perkutut akan mengeluarkan suaranya.
Jika Anda menggantangkan perkutut setiap hari, maka itu akan membuat perkutut semakin terlatih untuk bersuara. Penggantangan dapat dilakukan setiap hari ataupun juga dapat seminggu sekali. Semakin rutin menggantangkan perkutut semakin melatih perkutut suara perkutut ataupun mental perkutut.
Mabung
Apa itu mabung? Mabung merupakan saat dimana perkutut mengalami ganti bulu. Biasanya, perkutut yang sedang mabung diam saja. Keadaan ini karena perkuktut merasa sakit karena bulu-bulunya rontok.
Berbeda dengan burung berkicau lainnya yang mengalami ganti bulu berkal-kali dalam setahun, perkutut mengalami mabung hanya satu tahun sekali.
Biasanya, perkutut yang ganti bulu, bulunya akan terlepas satu per satu. Waktu mabung sekitar 18 hari. Setelah 18 hari, bulu yang tadinya tidak ada dan kemudian tumbuh kembali.
Perkutut yang sedang ganti bulu, harus diberikan pakan yang berkualitas. Merawat perkutut yang sedang ganti bulu tidak sama seperti merawat perkutut pada umumnya, Anda dituntut harus lebih sabar. Karena perkutut yang sedang ganti bulu tidak mau melakukan aktivitas karena menahan sakit akibat bulu yang sedang rontok itu. 
Pakan yang diberikan pada perkutut ketika sedang ganti bulu seperti gabah, dan millet. Makanan ini dipercaya dapat mempercepat tumbuhnya bulu baru. Perkutut yang sedang ganti bulu juga harus diberi vitamin, itupun jika perlu.

0 Response to "Tips cara menggantang perkutut harian yang benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel