Tips cara menjaga kesehatan merpati lomba / kontes - Tunggak Semi

Tips cara menjaga kesehatan merpati lomba / kontes

Menjaga kesehatan merpati bukanlah perkara yang mudah. Kita harus bekerja keras bagaimana caranya agar merpati tetap sehat dan tidak pernah sakit.
Untung saja merpati merupakan salah satu burung yang mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi. Jadi kita tidak merasa sangat terbebani untuk menjaga kesehatan burung setiap harinya.
Tips Menjaga Kesehatan Merpati Lomba
Akan tetapi, walaupun burung merpati termasuk ke dalam burung yang mempunynai dadya tahan tubuh yang tinggi, bukan berarti kita tidak perlu memperhatikannya. 
Kita juga harus memperhatikannya, tetapi tidak sedetail memperhatikan burung-burung yang tidak mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi. 
Sebenarnya, yang menyebabkan merpati sakit itu adalah lingkungan sekitarnya yang tidak bersih. Contohnya saja kandang.
Kebanyakan penangkar yang ada di Indonesia ini tidak begitu peduli dengan kebersihan kandang merpati. Para penangkar kebanyakan lebih memperhatikan ke arah makanan dan minuman. Padahal walaupun makanan dan minuman merpati bersih, tetapi kandangnya kotor, percuma saja.
Ini semua karena para penangkar umumnya tidak menyadari kebersihan kandang merupakan hal yang paling utama sekali untuk membuat merpati tetap sehat. 
Untuk itu, mulai dari sekarang bagi para penangkar burung merpati yang ada di Indonesia, kita harus menjaga kebersihan kandang burung merpati. Hal ini dilakukan supaya kesehatan merpati tetap terjaga. 
Kita bisa membersihkan kandang paling tidak dua hari sekali. Akan tetapi untuk kandang yang berisi burung lebih dari satu burung sebaiknya bersihkan paling tidak sehari sekali.
Kandang yang terisi banyak burung, sudah jelas juga banyak kotorannya. Untuk itu kita harus membersihkannya sehari sekali. 
Kandang yang baik adalah yang berisi 4 pasang merpati. Itupun sudah ukuran kandang yang paling besar. 
Kandang yang berlebihan muatan akan membuat burung yang ada di dalamnya tidak nyaman berada di dalamnya. Akibatnya kebanyakan burung akan menjadi berkelahi satu sama lain untuk memperebutkan tempat yang nyaman. 
Resiko dari perkelahian yang terjadi pada burung adalah akan ada burung yang mati. Dan jika jumlah burung yang ada di dalam satu kandang itu banyak maka kemungkinan yang akan berkelehi dan yang akan mati juga banyak. Bukankah itu akan merugikan kita? Untuk itu, perhatikanlah pengisian kandang yang benar.

0 Response to "Tips cara menjaga kesehatan merpati lomba / kontes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel