Tips perawatan harian perkutut berkualitas lomba - Tunggak Semi

Tips perawatan harian perkutut berkualitas lomba

Merawat perkutut memang harus dilakukan setiap harinya. Jika tidak dirawat dengan benar setiap harinya, maka perkutut tidak akan menjadi burung yang berkualitas pada saat perkutut sudah dewasa. 
Perawatan Harian Perkutut Berkualitas lomba
Perawatan antara anakan dan perkutut dewasa sama antara satu sama lain, dan tidak ada yang dibedakan. Setiap harinya perkutut anakan maupun dewasa harus diberikan pakan, minum, pembersihan kotoran, dan lain sebagainya.
Pakan harus diganti apabila sudah terkena air. Akan tetapi, jika pakan tidak terkena air, tidak perlu diganti lagi. Pakan diletakkan di tempat pakan perkutut paling lama 2 hari saja. Lebih dari 2 hari pakan disarankan harus dibuang dan jangan diberikan pada perkutut lagi.  
Mengapa demikian? Karena makanan yang sudah tidak layak pakai akan membuat perkutut menjadi sakit. Lagi pula makanan yang sudah tidak layak pakai vitamin yang terkandung di dalam pakan sudah tidak ada lagi. Jadi, percuma saja diberikan kepada perkutut. 
Ada banyak sekali makan yang bisa diberikan kepada perkutut. Baik itu pakan alami maupun pakan buatan. Jika pakan alami dapat Anda temukan di alam bebas ataupun di pasar burung. Lain halnya dengan pakan buatan, pakan buatan dapat ditemukan di pasar burung akan tetapi tidak bisa ditemukan di alam bebas. Pakan buatan kini sudah ada pabriknya sendiri, jadi Anda jangan khawatir kehabisan pakannya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa pakan perkutut.
Ketan Hitam
Ketan hitam dapat ditemukan dipasar burung ataupun toko terdekat. Ketan hitam bukanlah pakan utama perkutut. Walaupun ketan hitam bukan pakan utama perkutut, akan tetapi ketan hitam mempunyai manfaat yang besar bagi perkutut. 
Manfaatnya adalah pada saat musim penghujan tiba, perkutut akan merasa kedinginan. Pada saat perkutut kedinginan, dan perkutut makan ketan hitam maka perkutut akan merasa tidak kedinginan lagi. 
Millet
Millet merupakan makanan perkutut yang sangat berpengaruh bagi perkutut. Di dalam millet terdapat kandungan gizi yang paling banyak di antara makanan perkutut yang lainnya. Memberikan millet harus diperkirakan. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. 
Sebab jika terlalu sedikit maka kandungan gizi millet tidak masuk ke dalam tubuh perkutut. Dan apabila terlalu banyak, maka perkutut akan mengalami kegemukan.

0 Response to "Tips perawatan harian perkutut berkualitas lomba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel