Ukura Membuat kandang ideal untuk merpati pos - Tunggak Semi

Ukura Membuat kandang ideal untuk merpati pos

Banyak para penangkar burung merpati yang belum membuat kandang dengan cara yang benar. Masih banyak kesalahan dimana-mana yang mestinya segera diperbaiki. 
Sebagai seorang penangkar, hendakknya kita memperhatikan juga bentuk kandang merpati. Hal ini dilakukan supaya burung merasa nyaman berada di dalamkandang tersebut.
Membuat Kandang Ideal Untuk Merpati Pos

Para penangkar yang belum membuat kandang merpati secara benar itu bukannya mereka tidak mau membuatnya secara benar, tetapi mereka pasati tidak tahu cara membuat kandang merpati pos yang ideal.
Untuk itulah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat kandang yang ideal untuk merpati pos. Untuk mengetahuinya secara detaiil, mari kita simak penjelasan di bawah ini.
Membuat beberapa ruangan dalam kandang Merpati
Di dalam kandang perlu dibuat beberapa ruangan. Ruangan yang dimaksud adalah ruangan terbuka dan ruangan tertutup. Ruangan terbuka fungsinya adalah tempat dimana burung akan menghirup udara segar.
Sedangkan ruangan tertutup fungsinya adalah tempat dimana burung akan berada di ruangan ini ketika hujan tiba atau merpati merasa sinar matahari terlalu terik bagi dirinya itu.
Di dalam ruangan tertutup perlu diberikan jendela. Jendela berfungsi untuk supaya udara masuk ke dalam ruangan tertutup tersebut. Jadi, burung tidak akan kehabisan udara di dalam kandang. 
Pembuatan jendela dianjurkan sebesar mungkin. Mengapa begitu? Supaya kandang tetap disinari oleh matahari. Jadi, burung merpati tetap bbisa merasakan sinar matahari walaupun tetap di dalam kandang.
Membuat kotak pada kandang Merpati Pos
Membahas tentang kotak sarang, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kotak sarnag di letakkan di dalam kandang.
Pada umumnya, kotak sarang dibuat dengan ukuran 80 cm x 35 cm x 50 cm. Fungsi kotak sarang sendiri adalah untuk menetaskan telur, sampai membesarkan anak. Di dalam kandang terdapat 3 kotak sarang pula.
Kotak sarang bisa dibuat dari kayu atau pun bahan lainnya. Akan tetapi yang paling ideal adalah pembuatan kotak sarang menggunakan kayu.
Kotak sarang sebaiknya dilengkapi dengan pintu yang mempunyai engsel. Mengapa harus pintu yang ada engselnya? Supaya ketika membuka pintu kotak sarang kita tidak kesulitan lagi.

0 Response to "Ukura Membuat kandang ideal untuk merpati pos "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel