Peluang Usaha Di Bidang Toko Pakaian - Tunggak Semi

Peluang Usaha Di Bidang Toko Pakaian

Peluang Usaha Di Bidang Toko Pakaian
Berbelanja pakaian bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang, terutama bagi orang-orang dengan tubuh yang tidak proporsional. Hal ini biasa terjadi pada orang-orang (wanita terutama) yang bertubuh gemuk. Siapapun pasti ingin tampil gaya dan trendi, tidak peduli bagaimanapun bentuk tubuhnya.
Yang sering terjadi adalah jangankan memilih model, untuk mencari pakaian jadi yang pas di tubuh saja susahnya minta ampun. Kalau toh ada, biasanya baju-baju branded (merk luar negeri) yang memang dibuat berdasarkan ukuran orang eropa. Dan umumnya barang-barang tersebut lebih mengutamakan kualitas, sehingga model yang tersedia lebih ke arah klasik eksklusif ( biar bisa tetep di pake meski trend mode ganti terus ). Dan satu lagi, harganya mahal… Alternatif terakhir adalah pergi ke penjahit. Tidak praktis sih (karena masih harus memilih bahan, mencari penjahit ditambah menunggu beberapa hari…)  tapi bisa mendapatkan model yang sesuai dengan keinginannya dan pasti sedikit menghemat biaya (karena harga tekstil sekarang juga tinggi !!)
Peluang Usaha Di Bidang Toko Pakaian
Sebenarnya realita diatas bisa dijadikan peluang usaha di bidang toko pakaian. Jika anda ingin membuka toko pakaian, ide ini bisa dijadikan alternatif. Membuka toko pakaian dengan konsep menyediakan pakaian wanita ukuran XL bahkan XXL sekalipun yang sesuai dengan trend saat ini. Toko-toko pakaian yang sudah ada dan tersebar dimana-mana umumnya hanya menyediakan pakaian dengan model, warna dan ukuran untuk remaja dan orang dengan tubuh standar saja. Hanya sedikit dari mereka yang menyediakan ukuran besar. Bisa dipahami mengingat remaja adalah pangsa pasar yang sangat potensial di bidang ini. Tapi bukan berarti ini tidak akan berhasil selama anda dapat menentukan apa produk yang sesuai, model yang sedang tren, harga yang terjangkau, bagaimana melakukan promosinya, dan sebagainya.
Dalam dunia pakaian, trend fashion adalah faktor yang paling menentukan (selain harga tentunya). Dan ini juga berlaku sama jika anda ingin membuat pakaian dengan ukuran XXL sekalipun. Karena itu anda harus rajin mengikuti bagaimana trend saat ini. Anda bisa memperolehnya melalui browsing di internet, majalah fashion dan sebagainya. Kemudian anda bisa mengkombinasikannya dengan target market yang anda bidik, yaitu wanita bertubuh besar. Dan itu berupa desain yang trendi dan gaya.
Ada beberapa tips dalam membuat desain pakaian untuk wanita bertubuh gemuk. Anda harus bisa membuat pelanggan anda tampak cantik serasi dan tidak terkesan saltum
  • Pilih bahan yang ringan, tidak terlalu tebal.
    Bahan yang terlalu tebal akan memberi kesan menambah massa tubuh. Tapi juga jangan terlalu tipis, karena akan memperlihatkan lekuk tubuh. Jika memang bahan yang digunakan sangat tipis sebaiknya diberi dalaman saja. Selain itu iklim tropis di negara ini malah membuat kita tidak nyaman jika memakai pakaian tebal (tips ini tidak berlaku untuk jaket :))
  • Gunakan bahan dengan motif yang tidak terlalu besar
    Motif bahan yang terlalu besar akan membuat tubuh kelihatan semakin lebar. Gunakan motif kecil dan simpel. Namun satu motif besar dapat digunakan di bagian tertentu dengan model tertentu pula.
  • Desain yang lebih sederhana
    Model yang simpel tapi chic akan tampak lebih elegan, terutama bagi wanita-wanita dewasa. Sebaiknya tidak terlalu banyak cutting pada baju, karena desain baju dengan banyak cuttingakan lebih memperjelas bentuk tubuh karena terlalu banyak sekatan.
  • Tidak harus menggunakan warna-warna gelap
    Memakai warna-warna cerah sah-sah saja bagi siapapun tidak terkecuali dia bertubuh gempal sekalipun. Jangan terjebak dengan anggapan warna gelap bisa memberi efek melangsingkan. Warna cerah pun juga bisa jika dipadukan dengan desain yang tepat.
  • Jangan menggunakan bawahan dengan potongan cutbrai dan model duyung
    Untuk pinggul yang besar sangat tidak dianjurkan untuk memakai bawahan cutbrai ataupun model duyung, karena akan tampak lebar di bawah. Sebaiknya pakai model lurus saja (model pipa atau boot cut). Tapi bukan berarti toko anda tidak menyediakannya. Sediakan saja semua model, namun akan lebih baik jika anda bisa memberi saran pada pelanggan.
  • Dan yang terakhir jangan lupa mengkombinasikan tips diatas dengan mode yang sedang trend saat ini.
    Disinilah sense of fashion Anda ditantang. Dibutuhkan seluruh kreativitas Anda dalam membuat pelanggan Anda tampak elegan dengan produk Anda. Jika Anda tidak pandai mendesain, maka Anda harus pintar dalam memilih produk dari pemasok toko Anda.
Jangan lupa untuk memberi saran pada pelanggan. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat segmen konsumen kita berbeda. Latih para pramuniaga Anda untuk memberi saran pada calon konsumen yang sedang memilih pakaian, misalnya jangan menggunakan baju yang terlalu ketat, karena akan semakin menonjolkan lekuk tubuh mereka.
Tidak menutup kemungkinan, tidak hanya wanita berbadan besar saja yang datang ke toko Anda. Kadangkala bagi beberapa orang asalkan modelnya bagus dan sesuai dengan seleranya, maka mereka akan membelinya, tidak masalah meski ukuran yang ada terlalu besar untuk mereka ( kan bisa dibawa ke penjahit untuk dikecilin… katanya sih gitu).  Namun ada baiknya jika Anda juga menyediakan produk pakaian untuk remaja dan wanita pada umumnya, meski mereka bukan fokus utama Anda. Namun pelayanan harus diberlakukan sama pada setiap pengunjung toko. Karena siapa tahu kelak toko pakaian Anda akan lebih berkembang baik omzet maupun konsepnya….
Dengan menentukan konsep awal yang berciri khas, model lebih beragam, unik dan selalu up to date, serta pelayanan yang ramah dan memuaskan, maka toko Anda siap untuk bersaing dengan toko-toko pakaian lainnya

0 Response to "Peluang Usaha Di Bidang Toko Pakaian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel