7 Manfaat Hebat Daun pisang - Tunggak Semi

7 Manfaat Hebat Daun pisang


Apakah Anda sering memperhatikan pohon pisang…?? Kira-kira bagian-bagian apa saja ya dari tumbuhan ini yang dapat dimanfaatkan…?? Buah…?? Batang…?? Daun…?? Jantung…?? Yups, semuanya benar sekali… Semua bagian dari pohon ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal dalam kehidupan manusia.

Namun sahabat, untuk edisi kali ini, kita akan mengulas sedikit tentang

kegunaan daun pisangnya saja. Kira-kira apa aja ya manfaat dari si daun hijau yang lebar dan unik ini…?? Ok, sahabat… Langsung saja yuk kita simak bersama…

Manfaat Daun Pisang Untuk Kebutuhan Sehari-hari

1.   Bahan pembungkus makanan. Banyak bahan makanan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus. Misalnya saja, lontong, naga sari, baneng presto, tumpeng, tempe, dan masih banyak lagi. Ternyata, daun pisang memiliki kandungan polifenol dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang khas.

2.     Penghilang demam. Caranya adalah dengan menggunakan daun pisang yang masih muda dan diolesi dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada dahi, perut dan pinggang penderita demam.

3. Hiasan upacara adat. Hal ini tentu sedah sangat sering kita jumpai bukan…?? Daun pisang ternyata telah

digunakan selama berabad-abad sebagai bagian dari upacara adat terutama bagi mereka yang beragama Hindu

dan Budha. Daun pisang biasanya dijadikan alas untuk bahan sesaji yang akan dipersembahkan dan terkadang juga juga digunakan sebagai penutup.

4. Sebagairamuan obat luka dan ketombe . Ternyata daun pisang bukan hanya dapat

menyembuhkan luka, namun

ternyata juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit seperti ketombe, sengatan matahari, dan eksim. Untuk membuat ramuan obat daun pisang ini, Anda hanya perlu membuat jus sari daun pisang segar dan gunakan secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit tersebut.

5. Sebagai obat penetralisir

racun serangga. Mungkin Anda sering tergigit oleh serangga kecil yang beracun seperti lebah dan laba-laba. Dalam hal ini, ramuan daun pisang dapat digunakan sebagai obat untuk menetralisir racun-racun tersebut.

6.  Sebagai obat kecantikan kulit.

Daun pisang mengandung bahan aktif allantolin yang dimanfaatkan sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit, peradangan, hinga membunuh kuman.

7.   Sebagai obat radang dan iritasi alami. Hal ini biasa terjadi pada kulit bayi yang sangat sensitif. Untuk mengatasinya, daun pisang yang dihaluskan adalah pilihan salep alami yang efektif.

Nah, sahabat… Bagaimana tanggapan Anda mengenai bagian pohon pisang yang ternyata memiliki manfaat yang bermacam-macam ini…?? mengesankan, ya… Tentu saja…

Baiklah sahabat, itulah beberapa

manfaat daun pisang yang dapat kami sajikan untuk edisi kali ini.

0 Response to "7 Manfaat Hebat Daun pisang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel