9 Manfaat Hebat Buah Pisang - Tunggak Semi

9 Manfaat Hebat Buah Pisang


Pisang merupakan buah yang lezat dan murah, menjadikannya salah satu buah yang paling populer di dunia.

Asli berasal dari Asia Tenggara, buah pisang saat ini tumbuh di seluruh dunia dan bervariasi dalam warna, bentuk, dan ukuran. Pisang kuning, dimana berwarna hijau ketika belum matang, adalah varietas yang paling umum dikonsumsi.

Namun perlu diketahui, berbagai tahap kematangan buah ini menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda pula. Mulai dari kesehatan jantung, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan serta untuk perawatan kecantikan, ada puluhan alasan mengapa anda harus menggabungkan semua jenis buah ini dalam diet harian anda.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

1. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah pisang berikut ini adalah salah satu yang terpenting. Kalium dan magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan benar. Keduanya memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah yang stabil.

Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 12% dari asupan harian kalium yang direkomendasikan serta 16% asupan harian yang direkomendasikan untuk magnesium, menjadikan mereka sumber yang luar biasa dari kedua nutrisi ini! Mendapatkan cukup kalium dan magnesium telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung . Untuk pasien dengan tekanan darah tinggi, makanan tinggi kalium, seperti buah pisang, dapat digunakan sebagai obat untuk membantu menurunkan tekanan darah.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah pisang merupakan makanan ringan sehat dengan 100 kalori. Meskipun memiliki 100 kalori namun pisang juga tinggi akan serat, yang berarti mereka akan membuat anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan makanan dengan kandungan serat yang lebih rendah. Hal ini dapat menurunkan asupan kalori anda secara keseluruhan selama satu hari, membuatnya menjadi alat penurunan berat badan yang hebat.

Pisang hijau juga membantu

menurunkan berat badan. Mereka adalah salah satu sumber terbaik dari pati resisten. Pati resisten berbeda dari pati biasa dalam hal karbohidrat yang tidak bisa dicerna. Fungsinya seperti serat larut dan memberi makan bakteri ramah di usus anda, sehingga mendorong pencernaan yang lebih baik. Pati resisten juga memiliki kalori lebih sedikit daripada pati biasa, namun masih dapat memuaskan rasa lapar yang sama. Jadi, sama halnya dengan pisang kuning, pisang hijau juga mendorong perasaan kenyang dan mengakibatkan nafsu makan menurun.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat buah pisang berikut ini. Ada banyak alasan mengapa buah pisang merupakan pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil. Pertama, pisang kaya akan asam folat. Asam folat digunakan untuk membuat darah ekstra yang dibutuhkan tubuh anda selama kehamilan. Selain itu, buah pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang membantu mencegah anemia, dan menjamin ketersediaan darah yang cukup untuk pertumbuhan janin dan ibu.

Buah pisang juga baik untuk mencegah, atau setidaknya membantu meringankan beberapa efek samping yang tidak begitu menyenangkan selama kehamilan. Kandungan buah berserat tinggi merupakan bantuan besar untuk memerangi sembelit. Solusi alami ini adalah alternatif yang sehat sebagai pengganti obat pencahar kimiawi. Buah pisang juga dapat memberikan bantuan terhadap rasa mual, membuat mereka camilan sempurna untuk wanita hamil yang sering berurusan dengan morning sickness (mual pagi). Mereka juga membantu mengatur kadar gula darah bila dikonsumsi di antara waktu makan.

Wanita hamil harus ekstra hati-hati dengan asupan garam mereka karena dapat dengan mudah membuat tubuh menahan air sehingga meningkatkan tekanan darah. Kalium dalam buah pisang membantu tubuh memproses keluar garam dengan cepat, sehingga mengurangi kemungkinan efek samping negatif dari garam.

4. Mendorong Energi dan Meningkatkan Stamina

Buah pisang terdiri dari tiga jenis gula: glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Glukosa dan fruktosa cepat diserap ke dalam aliran darah dan memberikan dorongan energi segera. Sukrosa, di sisi lain, diserap perlahan-lahan dan dengan demikian menjaga kadar gula darah stabil. Hal ini juga mencegah terjadinya lonjakan gula secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh makanan manis lainnya, seperti soda. Pasokan energi tahan lama dari buah pisang sangat baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Buah pisang juga merupakan pendorong energi yang besar untuk kecerdasan anda. Kalium bertindak sebagai bahan bakar untuk otak, membuat kita lebih waspada dan menerima pembelajaran, sedangkan magnesium membantu meningkatkan kemampuan kita untuk fokus. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pisang, kaya kandungan kalium dan magnesium, menjadi pilihan camilan yang hebat sebelum ujian karena kemampuannya dalam meningkatkan konsentrasi.

5. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Buah pisang dipenuhi dengan nutrisi yang mendukung kepadatan tulang. Kalium, magnesium, vitamin B, dan vitamin C semua sangat bermanfaat untuk menjaga tulang yang kuat.

Buah pisang juga mengandung jumlah fructooligosaccharide (FOS) yang sangat tinggi. Fructooligosaccharide adalah senyawa prebiotik yang membantu bakteri probiotik untuk menghasilkan enzim pencernaan dan vitamin. Vitamin dan enzim pencernaan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium, yang merupakan salah satu mineral yang paling penting terkait dengan kesehatan tulang.

6. Makanan Super untuk Ketahanan Atlet

Para atlet mendapat manfaat dari karbohidrat (energi) dan nutrisi yang ditemukan dalam buah pisang untuk berbagai alasan. Mayoritas kram otot, terutama kram kaki, adalah hasil dari dehidrasi. Kalium membantu tubuh mempertahankan cairan dan memproses garam, menghilangkan kemungkinan kram dan kejang. Rendahnya tingkat kalsium dan magnesium juga dapat meningkatkan kemungkinan kram otot. Atlet yang makan buah pisang secara teratur memberikan tubuh mereka dengan pasokan mineral penting secara konstan.

Buah pisang juga menyediakan anda dengan banyak vitamin C, yaitu sekitar 15% dari asupan harian yang direkomendasikan, yang dapat diperoleh hanya dari satu buah pisang! Vitamin C sangat penting untuk memperkuat otot-otot, tendon, dan ligamen. Mereka juga memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat akibat tekanan dari latihan intens. Vitamin C bahkan membantu mempercepat dan mendorong perbaikan luka serta kerusakan jaringan lunak yang dikeluarkan oleh latihan yang keras. Selain itu, mereka memainkan peran penting dalam sintesis adrenalin seluruh sesi pelatihan atau pertandingan, seperti maraton.

Atlet cenderung memerlukan lebih banyak vitamin B6 sebagai hasil dari latihan ekstra berat dan panjang yang mereka lakukan. Vitamin B6, yang ditemukan dalam buah pisang, membantu dalam perlindungan sel dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Karbohidrat dalam buah pisang secara sederhana diubah menjadi energi. Cepat dan mudah untuk dikonsumsi, pisang merupakan makanan ringan yang sempurna untuk sebelum, selama, atau setelah berolahraga.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Inilah salah satu manfaat buah pisang yang telah sangat populer. Diet tinggi serat dikenal karena kemampuannya untuk mendorong pencernaan yang sehat. Buah pisang mengandung dua jenis serat: pektin dan pati resisten. Seperti yang dibahas sebelumnya, pati resisten berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik dalam perut anda.

Penelitian telah menunjukkan pektin dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar. Namun kandungan pektin dalam buah pisang, menurun saat mereka matang. Jadi pisang hijau akan menawarkan perlindungan lebih tinggi untuk usus Anda.

Pisang, terutama pisang kuning, merupakan makanan yang mudah dicerna, dan dengan demikian merupakan pilihan yang sangat baik ketika anda mengalami sakit perut. Diet pisang sangat dianjurkan untuk orang dewasa dan anak-anak ketika berurusan dengan sakit perut, diare, atau mual.

8. Meningkatkan Mood dan Kesehatan Mental

Manfaat pisang lainnya yang tak kalah hebat adalah membantu meningkatkan mood dan kesehatan mental. Serotonin adalah neurotransmitter, yang sering dikaitkan dengan pengaturan mood. Ketika serotonin dilepaskan, suasana hati kita meningkat dan kita merasa senang. Serotonin sendiri tidak ditemukan dalam makanan, namun berbentuk triptofan (yang diubah tubuh menjadi serotonin). Dan buah pisang memiliki banyak komponen tersebut! Makan buah ini merangsang tubuh untuk memproduksi hormon “perasaan baik” ini, membuat anda merasa lebih bahagia.

Triptofan juga telah ditemukan dapat membantu mendorong pola tidur yang sehat . Bagi mereka yang menderita insomnia, makan buah pisang sebelum tidur dapat membantu mengatur pola tidur anda. Jumlah vitamin B yang tinggi yang ditemukan dalam buah pisang juga memiliki efek menenangkan pada pikiran serta dapat membuat anda merasa lebih santai dan damai.

9. Perawatan Kulit dan Rambut

Manfaat buah pisang juga termasuk untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pisang ternyata tidak hanya baik untuk dimakan saja, mereka juga merupakan makanan yang sangat baik untuk kulit dan rambut.

Dipenuhi oleh antioksidan, buah dan kulit pisang memiliki efek revitalisasi pada kulit dan membantu memperbaiki sel yang rusak. Kulit pisang sangat baik untuk mengobati jerawat. Vitamin A dalam pisang juga membantu memudarkan bintik-bintik gelap dan bekas luka di kulit. Kulit pisang dapat langsung diaplikasikan di atas area wajah. Lembutkan buah pisang dikombinasikan dengan bahan lain, seperti yoghurt dan kunyit , untuk membentuk masker wajah yang membantu mencegah jerawat dan mencerahkan kulit. Tambahkan perasan lemon dan madu pada ramuan masker untuk membantu memerangi kulit berminyak. Vitamin B dalam buah pisang juga akan membantu melindungi kulit anda dari radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Buah ini memiliki kadar air yang cukup tinggi yang sangat baik untuk memberi nutrisi pada rambut. Anda dapat secara mudah membuat masker pelembab rambut sederhana dengan pisang yang dilembutkan.

Bagian dalam kulit pisang juga dapat ditempatkan pada kelopak mata untuk mengurangi bengkak. Kalium dalam buah pisang melawan retensi cairan, yang umumnya disebabkan dari konsumsi garam yang tinggi, membuat lingkaran hitam di sekitar mata.

Selain itu, kulit pisang dapat digunakan untuk meringankan gatal-gatal dari iritasi seperti gigitan nyamuk atau ruam kulit. Pisang yang dilembutkan juga telah digunakan sebagai obat topikal untuk kulit yang teriritasi atau terlalu kering.

0 Response to "9 Manfaat Hebat Buah Pisang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel