Inilah 6 Kesalahan Terbesar Ketika Membersihkan Wajah - Tunggak Semi

Inilah 6 Kesalahan Terbesar Ketika Membersihkan Wajah

Ada banyak kesalahan yang dilakukan orang ketika membersihkan wajah dengan cara mencuci muka. Berikut 6 kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika membersihkan wajah.

1. Terlalu berlebihan dalam membersihkannya

Jangan terlalu sering membersihkan (mencuci) wajah dengan sabun muka. Ini akan membuat kulit Anda kering, dan kulit kering pun dapat menimbulkan jerawat. Jangan bersihkan wajah Anda lebih dari dua kali sehari.

2. Menggunakan pembersih yang keras

Gunakan sabun muka yang lembut. Perhatikan kandungan dari bahan-bahan pembuatnya. Banyak yang menjual sabun dari ekstra beras atau dari ekstrak tumbuh-tumbuhan misalnya, itu akan membantu kesehatan kulit, sementara sabun yang banyak mengandung zat kimia justru bisa membahayakan kulit, termasuk iritasi. Jika Ana memiliki kulit yang berminyak, kulit yang cenderung mudah terkena jerawat, gunakan pembersih muka yang mengandung salycic acid. 

3. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi atau bahkan tidak melakukan eksfoliasi sama sekali 

Menggunakan eksfoliator dapat meningkatkan tekstur kulit Anda. Seorang dermatologis dari New York, Jeannete Graf, MD mengatakan, "Ketika kita semakin menua, enzim kita yang biasanya mengeksfoliasi kulit kita dengan sendirinya, tidak lagi efektif sehingga kulit kita akan terlihat kasar dan kusam." Ia menganjurkan untuk mengeksfoliasi pada malam hari sebab saat itulah waktunya kulit mengganti sel-sel yang rusak. Tetap diiingat untuk tidak mengeksfoliasi lebih dari dua kali seminggu karena itu akan membuat irititasi kulit Anda. 

4. Tidak mencuci muka sebelum tidur

Memang menggoda untuk tidur dengan makeup tetap menempel di wajah. Tetapi dengan cara itu akan merusak kulit selama berminggu-minggu, karena make up akan menutup pori-pori dan mencegah sebum, yakni pelumas yang ada dalam kulit yang tugasnya melembabkan kulit dan membuang sel-sel kulit yang telah mati. Dan jangan lupa untuk membersihkan makeup di mata Anda, karena jika tidak akan menyebabkan infeksi atau iritasi.

5. Membersihkan muka dengan air yang terlalu panas

Ini khususnya jika pada musim dingin, ketika kulit kita cenderung kering. Karena air panas bisa mengeringkan kulit Anda, cobalah gunakan air yang lebih hangat, atau air dingin. 

6. Terlalu sering menggunakan lap muka 

Lap muka memang cocok untuk membersihkan sisa make up ketika Anda sedang terburu-buru, tetapi jangan menggunakannya pada tempat yang biasa Anda bersihkan. Untuk membuat pori-pori Anda benar-benar bersih, selalu ikut dengan pembersih muka dan/atau scrub ketika sampai di rumah. 

Itulah 6 cara membersihan wajah yang menjadi kesalahan terbesar. Kesalahan terbesar ketika membersihkan muka ini bisa mengakibatkan kerusakan kulit wajah Anda.


0 Response to "Inilah 6 Kesalahan Terbesar Ketika Membersihkan Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel