Inilah Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami - Tunggak Semi

Inilah Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami


Bau badan memang menganggu, baik bagi pemiliknya maupun orang lain. Orang yang memiliki bau badan seringkali tampil tidak percaya diri di muka umum. Namun, jangan khawatir, berikut tips dan cara menghilangkan bau badan secara alami menurut para ahli.

Dermatologis berkata: Ketika bakteri yang tumbuh alami di kulit Anda bercampur dengan keringat, maka akibatnya adalah bau badan. Agar aromanya segar, Anda sebaiknya menjaga agar kulit tetap kering dan menurunkan bakteri pada bagian-bagian yang mudah lembab, seperti di bawah lengan atau ketiak. 

Penanganan: Mandi dengan sabun yang mengandung astringen alami, seperti minyak pohon teh, yang mengecilkan pori-pori dan membatasi keluarnya keringat. Diikuti dengan berikan bedak untuk menyerap keringat. Carilah produk-produk yang terbuat dari baking soda bukannya talc, karena talc bisa menyebabkan iritiasi pada paru-paru Anda. Akhiri dengan deodoran alami yang mengandung potasium dan amonium alum untuk mengurangi bakteri dan minyak esensial yang terbuat dari jamu-jamuan anti mikroba, seperti rosemari, goldenseal atau oregano, untuk menahan bau badan.

(Dr. Valori Treloar, Dermatologis di Integrative Dermatology di Newton, Massachusetts).

Ahli diet mengatakan: Makan seperti brokoli, kol, dan bunga kol mengandung mineral sulfur yang menciptakan gas berbau yang dapat terbuang melalui kulit Anda. Tipe bau badan yang lain biasanya tanda saat itulah hilangnya nutrisi. Makanan yang tidak tercerna dalam pencernaan Anda dapat menciptakan racun berbau yang keluar melalui pori-pori.
Penanganan: Batasai makanan sulfurik tersebut, dan kurangi makanan yang sulit dicerna, produk olahan susu dan daging merah dari makanan Anda. Juga hindari tuna, hiu dan ikan todak, yang memiliki kandungan merkuri tinggi. Selain itu makanlah minimal 25 gram biji rami, chia, hempseed atau biji-bijian setiap hari untuk meningkatkan asupan serat Anda, dan minum minimal 8 gelas air setiap hari untuk membantu membuang racun.

(Erica Kasuli, M.S., Ahli diet di New York City)

Dokter ahli naturopati mengatakan: Jika anda telah mengesampingkan kebersihan dan makanan yang menyebabkan bau badan, cari tahu apa yang menyebabkan kondisi kesehaan. Infeksi jamur dapat menyebabkan aroma amis, seperti gangguan genetis yagn disebut sindrom bau amis, yang terjadi ketika tubuh Anda tidak bisa melakukan metabolisme senyawa organik yang dikenal sebagai trimetilamin. 

Cara mengatasi: Atasi infeksi jamur dengan kapsul minyak oregano ukuran 500 miligram, minum dua kali sehari selama dua minggu. JIka Anda terdiagnosa sindrom bau amis, jauhilah makan-makanan yang mengadung trimetilamin tinggi seperti susu, telor, hati, dan kacang-kacangan. Dosis tinggi vitamin B kolin (di atas 3,5 gram sehari) dari makanan, suplemen, dan kombinasi keduanya, juga bisa menyebabkan bau amis. 

(Holly Lucille, N.D., R.N., West Hollywood, dokter ahli naturopati di  California)

0 Response to "Inilah Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel