Mau Tau Khasiat di Tiap Bagian Tanaman Melati - Tunggak Semi

Mau Tau Khasiat di Tiap Bagian Tanaman Melati


Khasiat Daun Tanaman Melati

Tanaman bunga melati tak hanya indah ternyata pada setiap bagiannya baik akar, daun dan bunga melati ternyata memiliki manfaat atau khasiat. Melati dengan nama latin Jasminum officinale merupakan salah satu jenis tanaman perdu berkayu yang banyak tumbuh di Indonesia yang biasanya sering kita jumpai dijadikan hiasan di halaman depan rumah karena keharuman dan keindahan bunganya yang berwarna putih bersih dan mungil. Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh dengan cepat di daerah yang cukup mendapatkan sinar matahari. Tak heran jika tanaman ini sangat populer di Indonesia.


Diantara 200 jenis melati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani, hanya sebagian kecil saja yang dibudidayakan dan yang lain masih tumbuh liar karena belum terungkap potensi ekonomi dan sosialnya. Tak hanya dibudidayakan sebagai tanaman hias , namun tanaman melati juga mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, hingga saat ini terus dilakukan peneletian terhadap spesies-spesies melati yang lain untuk dapat diambil manfaatnya. 
Berdasarkan penelitian , ditemukan beberapa kandungan dalam tanaman melati yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain :
•    Minyak eteris
•    Indole
•    Linalcohol
•    Asetat Benzilic
•    Alkohol Benzilic
•    Livalylacetat
•  Jasmon , sejenis keton : metil-pentenil-siklopentenon yang beraroma harum. Keton ini juga mampu menenangkan urat saraf dan menurunkan suhu tubuh yang demam.

Berbagai khasiat tanaman melati dan Semua kandungan tersebut di atas memberikan sifat afrodisiak (meningkatkan sirkulasi darah , menghilangkan stress atau depresi,dsb).  Kandungan tersebut tersebar di tiap bagian tanaman melati, sehingga kini penelitian semakin dikembangkan untuk memaksimalkan manfaat yang dapat diambil dari tanaman ini. Alhasil tanaman melati tidak lagi dibudidayakan hanya sebagai tanaman hias tetapi juga sebagai keperluan pengobatan dan industri. Dibalik pesona keindahannya melati menyimpan rahasia di tiap bagiannya yang masih akan terus digali manfaatnya oleh para peneliti.

Berikut akan kami paparkan fakta yang telah terungkap dari khasiat tiap bagian tanaman melati :
1.    Khasiat Akar Tanaman Melati
2.    Khasiat Daun Tanaman Melati
3.    Khasiat Bunga Melati

Khasiat Akar Tanaman Melati

Akar adalah bagian dari tanaman yang berada di bawah permukaan tanah , jadi keberadaannya tak terlihat namun bukan berarti tak mempunyai khasiat. Secara umum, memang fungsi akar adalah menyerap air dan unsur-unsur hara yang berguna untuk kebutuhan tanaman tersebut namun akar tanaman melati mempunyai fungsi yang lebih dari itu. Salah satunya yaitu menyembuhkan susah tidur .

Khasiat Akar Tanaman Melati

Bagi Anda yang mempunyai masalah susah tidur , akar tanaman melati dapat dijadikan alternatif untuk mengusir insomnia . Sebagai obat alami,cara pengolahannya pun sangat mudah. Untuk pemakaian dalam,akar tanaman melati seruas jari dihaluskan, lalu diseduh dengan air panas, dengan meminum air saringannya,  Anda sudah bisa merasakan khasiatnya. Sedangkan untuk pemakaian luar , akar melati dihaluskan , lalu ditempelkan di bagian yang sakit.

Penelitian terkini berhasil mengungkap lebih banyak khasiat dari akar tanaman melati. Ekstrak akar  beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati dipakai untuk mengatasi radang paru-paru, bronkitis dan juga asma. Tumbukan akar melati dapat menyembuhkan patah tulang dan keseleo. Tingtur (ekstrak dalam alcohol) akar melati berkhasiat kuat sebagai penenang, anestetik (pemati rasa) dan penyembuh luka (analgesik).

Khasiat Daun Tanaman Melati

Daun Melati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan , dapat diolah dengan berbagai cara untuk pemakaian dalam maupun pemakaian luar. Pemakaian dalam diolah dengan cara meminum air rebusan sedangkan pemakaian luar diolah dengan menumbuk atau menghaluskan daun, kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

Khasiat Bunga Melati

Khasiat Daun Melati dengan Pemakaian Luar

•    Menghentikan ASI yang berlebihan
Cara Pemakaian : daun melati ditumbuk samapi halus , kemudian ditempelkan di sekitar buah dada. Pemakaian ini dapat dilakukan setiap pagi sebelum mandi

•    Menyembuhkan Demam
Cara Pemakaian : daun melati diremas-remas lalu direndam dengan air secukupnya, gunakan air rendaman untuk mengompres dahi.

Khasiat Daun Melati dengan Pemakaian Dalam

•    Menyembuhkan mata merah dan belekan
Cara Pemakaian : meminum air rebusan daun tanaman melati

•    Sesak napas
Cara Pemakaian : 10gr daun melati direbus c dengan 600cc air hingga tersisa 300cc, tambahkan sedikit garam , lalu hasil saringan diminum 2x sehari (tiap minum 150cc) 

Khasiat Bunga Melati

Pada umumnya fungsi bunga adalah sebagai alat perkembangbiakan bagi tanaman. Bunga melati yang banyak dipilih sebagai tanaman hias karena warnanya yang  putih bersih dan bentuknya yang kecil mungkil serta aroma wanginya yang semerbak. Dibalik pesona keindahannya , bunga melati menyimpan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Sama seperti pemanfaatan akar dan daunnya , ramuan alami bunga melati dapat digunakan untuk pemakaian luar dan pemakaian dalam.

Khasiat di Tiap Bagian Tanaman Melati

Khasiat Bunga Melati dengan Pemakaian Luar

•    Mengobati bengkak akibat sengatan lebah
Cara Pemakaian : bunga melati dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian yang tersengat lebah

•    Mengatasi Jerawat dan perawatan kulit
Cara Pemakaian : Untuk mengatasi masalah jerawat dan perawatan kulit, bunga melati dapat diolah menjadi masker. Dalam pembuatan masker , Anda memerlukan campuran bahan-bahan lain , namun bunga melati merupakan bahan utama yang dibutuhkan. Berikut adalah  cara mudah membuat masker bunga melati (takaran untuk 1x pakai)

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : 20 bunga melati  , 2 jari asam kawak, 3gr belerang dan 2 sdm air jeruk nipis . Setelah semua bahan dicuci bersih kemudian tumbuk hingga halus , lalu tambahkan air jeruk nipis pada perasan bahan yang telah ditumbuk tersebut . Masker siap dipakai pada wajah yang berjerawat . Diamkan 10-15 menit , kemudian bilas hingga bersih.

Khasiat Bunga Melati dengan Pemakaian Dalam

•    Mengobati demam, pilek dan diare
Cara Pemakaian : untuk membuat takaran satu kali minum (1 gelas), siapkan 4 gram melati , 4 gram teh hijau , 3 gram kapulaga , lalu cuci bersih semua bahan yang telah Anda siapkan tersebut. Rebus dengan air 1,5 gelas . Kemudian saring air hasil rebusan tersebut . Dianjurkan meminumnya secara rutin sehari sekali.

•    Mengurangi stress
Untuk meringankan stress, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi teh melati. Aroma melati dapat membantu mengurangi ketegangan dan menghasilkan efek tenang pada indera . Teh Jasmine selain dapat mengurangi stress juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti mengurangi kolesterol , menurunkan kemungkinan kanker, dsb.

•    Menghilangkan bau badan
Cara Pemakaian :  bunga melati yang telah dicuci , masukkan ke dalam gelas berisi air matang , tutup dengan plastik yang telah dilubangi kecil-kecil , diamkan semalam . Esok hari sudah dapat dikonsumsi .

Demikian beberapa khasiat dari tiap bagian tanaman melati yang dapat kami paparkan dengan cara pengolahan yang mudah dan praktis serta tak perlu menghabiskan banyak biaya. Dengan pengetahuan tentang kandungan tanaman Melati ini , kini terciptalah industri parfum dan minuman beraroma melati yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan dan mendatangkan keuntungan . 

Namun tetap perlu diperhatikan cara pengolahan yang benar dan sesuai takaran sehingga ramuan melati tetap aman digunakan dan dikonsumsi. Untuk penyakit serius, sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter.  Semoga artikel sederhana Tips Seputar Wanita ini bermanfaat untuk Anda yang membacanya dan selamat mencoba. Tips seputar wanit juga memberikan banyak Artikel kesehatan wanita yang akan membantu anda tampil sehat.

0 Response to "Mau Tau Khasiat di Tiap Bagian Tanaman Melati "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel