Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya - Tunggak Semi

Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya


Umumnya orang mengalami kerontokan rambut antara 50 sampai 100 helai per hari. Namun jika mengalami kerontokan rambut lebih dari 1000 helai per hari, bahkan mencapai 10 ribu helai rambut per hari, itu sudah sangat berbahaya dan bisa mendekati kebotakan. Salah satu penyabab alami kerontokan rambut adalah usia yang semakin menua. Sementara penyebab rambut rontok selain usia adalah faktor hormonal, kondisi kesehatan, dan pengobatan, dan sebab-sebab lain. 

1. Faktor-faktor hormonal 

Penyebab paling umum rambut rontok adalah kondisi turunan yang disebut sebagai male-patter baldness atau female-pattern baldness (kebotakan pola pria atau kebotakan pola wanita). Pada orang-orang yang diduga memiliki faktor genetik, hormon-hormon seks tertentu memicu satu pola khusus terhadap rontoknya rambut secara permanen. Pada sebagian pria, jenis penipisan rambut ini mulai terjadi di awal pubertas mereka. 
Perubahan hormon dan ketidakseimbangan dapat juga menjadi penyebab kerontokan rambut sementara. Hal ini bisa akibat kehamilan, proses persalinan, berhenti meminum pil KB atau menjelang menopause.

2. Kondisi kesehatan 

Berbagai kondisi kesehatan dapat menjadi penyebab kerontokan rambut, di antaranya:

a. Masalah kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid membantu mengatur tingkat kadar hormon dalam tubuh. Jika kelenjar ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka akibatnya adalah kerontokan rambut.

b. Alopecia areata

Penyakit ini terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang folikel rambut yang menyebabkan akar rambut lemah dan kerontokan rambut. 

c. Infeksi kepala

Infeksi karena kutu rambut, bisa menyerang rambut dan kulit kepala Anda, yang berujung pada kerontokan rambut. Ketika infeksi ini diobati, rambut biasanya tumbuh kembali. 

d. Ganguan-gangguan kulit lainnya

Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut adalah lichen planus dan beberapa jenis lupus, bisa menyebabkan kerontokan rambut permanan.

3. Pengobatan 

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan untuk proses pengobatan:

a. Kanker 
b. Rematik  
b. Depresi 
c. Masalah jantung
d. Tekanan darah tinggi

4. Penyebab-penyebab kerontokan rammbut lainnya

Kerontokan rambut bisa diakibatkan oleh:

a. Keterkejutan fisik atau emosi 

Banyak orang mengalami kerontokan rambut beberapa bulan setelah adanya kejutan fisik atau emosi. Contoh penurunan berat badan yang tiba-tiba atau melampaui batas, demam tinggi, atau kematian anggota keluarga. 

b. Gangguan menarik-narik rambut

Gangguan jiwa ini menyebabkan orang untnuk menjambak-jambak rambutnya sendiri, apakah di kepala, alis, atau di bagian tubuh lainnnya. Menjambak rambut dari kepala seringkali meninggalkan belang pitak di kepala.

c. Gaya rambut tertentu

Kerontokan rambut dapat terjadi jika rambutnya terlalu kuat ditarik untuk menata gaya rambut tertentu seperti gaya rambut ekor babi.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab kerontokan rambut, lalu bagaimana cara mengobati atau mengatasi kerontokan rambut? Berikut beberapa cara mengatasi mengatasi rambut rontok yang terbukti efektif:

1. Pengobatan dengan minyak panas

Ambil minyak alami apa saja, bisa minyak zaitun,, minyak kelapa, atau minyak canola, lalu panaskan sehingga minyak menjadi hangat, tetapi jangan terlalu panas. Pijat-pijatkan ke kepala Anda. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan shampoo.

2. Jus alami 

Anda bisa menggosok-gosok kepala Anda dengan jus bawang putih, jus bawah merah, ataupun jus jahe. Biarkan selama semalam dan esok paginya bilas dengan air.

3. Pijat kepala 

Dengan memijat-mijat kepala Anda selama sekitar 5 menit setiap ari akan membantu sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang bagus di kepala akan membuat folikel-folikel Anda tetap aktif. Sirkulasi dapat ditingkatkan melalui pijatan dengan menggunakan beberapa tetes lavender atau minyak esensial dari kacang almond. 

4. Antioksidan 

Gunakan teh hijau hangat (dua kantong yang dicelupkan ke dalam secangkir air) di kepala Anda dan biarkan campuran ini selama satu jam kemudian bilas. Teh hijau mengandung antioksidan yang mencegah kerontokan rambut dan mempercepat tumbuhnya rambut. .

5. Lakukan meditasi 

Percaya atau tidak, seringkali akar dari kerontokan rambut disebabkan oleh tingginya tingkat stress dan tensi. Meditasi dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan menyeimbangkan kembali hormon.

Demikian sebab-sebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasi rambut rontok. Selamat mencoba untuk mengembalikan rambut Anda yang rontok. 

0 Response to "Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel