Tips Ampuh Perawatan Kulit untuk Menghindari Jerawat - Tunggak Semi

Tips Ampuh Perawatan Kulit untuk Menghindari Jerawat

Sistem kerja kulit itu seperti usus. Aneh ya? Anda mungkin tahu bahwa sistem pencernaan kita memiliki bakteri baik dan bakteri jahat. Ketika Anda mengkonsumsi antibiotik, antibiotik tersebut akan membunuh bakteri-bakteri itu, dan sayangnya termasuk juga bakteri baik yang ikut terbunuh. Untuk mengisi kembali bakteri baik dan sehat ke dalam usus Anda, Anda perlu mengkonsumsi probiotik. Atau jika Anda tidak mengkonsumsi antibiotik sama sekali, Anda sebaiknya makan makakan yang bergizi dan sehat, sehingga usus Anda pun akan sehat dan seimbang.

Kulit Anda pun memiliki cara kerja serupa dengan usus. Kita membersihkan semua minyak dari wajah kita tanpa pandang bulu ketika mencuci muka (seperti halnya antibiotik) kemudian kita harus mengganti pelembab yang hilang dengan pelembab lain (seperti probiotik). Namun jika Anda tidak membersihkan semua minyak dari wajah Anda, sebenarnya kulit Anda akan bisa menyimbangkan dengan sendirinya.

Jika Anda terlalu sering membersihkan wajah Anda, maka kulit kering itu akan memproduksi terlalu banyak minyak sebagai penggantinya, dan Anda akan terjebak untuk membersihkan kulit setiap hari dan mengganti pelembab yang hilang itu dua kali sehari, setiap hari.

Berikut tips perawatan kulit pada pembersihan wajah untuk menghindari jerawat:

1. Bersihkan sehari sekali 

Meskipun kita fokus untuk membersihkan kulit berminyak, namun sebenarnya kulit kering pun bisa menyebabkan jerawat karena sel-sel kulit yang mati menutupi pori-pori. Membersihkan wajah itu tetap penting, akan tetapi Anda tidak harus repot-repot. Bersihkan wajah pada malam hari dengan pembersih untuk menghilangkan makeup, diikuti dengan minyak kelapa. Pada pagi hari, Anda cukup memberihkan muka dengan air saja. Jangan lupa untuk melakuan eksfoliasi dua kali seminggu dengan eksfolian yang terbuat dari beras. 

2. Gunakan pembersih yang lembut 

Abaikan pembersih-pembersih jerawat yang terlalu kuat yang mengandung salicyc acid, benzoyl peroxide, dan asam sulfat. Kulit Anda bukan konter kamar mandi, jadi berhentilah untuk mencuci muka Anda dengan zat-zat kimia. Jika jerawat Anda parah, cobalah gunakan pendekatan baru, misalnya cara-cara alami. Jika jerawat Anda tidak parah, cobalah untuk membersihkan wajah Anda dengan sesuatu yang simpel, lembut, dan efektif seperti pembersih minyak pada umumnya. Namun, jauhkan pembersihan wajah Anda dengan minyak mineral!

3. Buang sel-sel kulit mati 

Air dingin berarti kulit mati. Untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan pori-pori kulit Anda bersih, lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu, tetapi jangan terlalu keras menggosoknya. Jika wajah Anda memerah atau Anda merasakan sakit, berarti Anda terlalu keras melakukan eksfoliasi. Cobalah cuci muka Anda dengan campuran beras dan jojoba. 

4. Ganti sarung bantal dan sprei Anda

Jika Anda tidur tanpa menggunakan makeup tetapi ketika bangun ada jerawat baru, maka Anda sebaiknya mengganti sarung bantal dan sprei Anda lebih sering. Jika memungkinkan, gantilah setiap malam sehingga Anda tidak akan pernah tidur bersama minyak dan bakteri-bakteri yang sudah mengendam di bantal. 

Demikian 4 tips perawatan kulit untuk menghindari jerawat menghinggapi wajah cantik Anda.

0 Response to "Tips Ampuh Perawatan Kulit untuk Menghindari Jerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel