8 Manfaat Ajaib Akar Putri Malu Yang Paling Ampuh Untuk Kesehatan - Tunggak Semi

8 Manfaat Ajaib Akar Putri Malu Yang Paling Ampuh Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk putri malu
Tanaman putri malu merupakan tanaman unik dimana saat daunnya tersentuh, maka secara otomatis akan langsung menutup dengan otomatis. Hal ini terjadi karena tanaman putri malu sensitif terhadap rangsangan dan karena itulah tanaman ini dinamakan dengan putri malu. Meski dianggap sebagai tumbuhan liar, namun ternyata ada banyak manfaat putri malu yang bisa digunakan khususnya pada bagian daun dan akar putri malu. Tanaman yang dalam bahasa Inggris dinamakan dengan touch me not ini memiliki kandungan mimosin, tanin, asam pipekolinat dan beberapa kandungan lain yang semuanya memiliki manfaat untuk tubuh. Untuk mengetahui manfaat tanaman putri malu selengkapnya bisa anda lihat pada ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Menyembuhkan Luka Penderita Diabetes
Tumbuhan putri malu bisa digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes berdasarkan dari penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang. Dalam penelitian tersebut didapati jika dalam akar tanaman putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform bisa digunakan untuk menyembuhkan luka yang dialami penderita diabetes.
  1. Menyembuhkan Batuk
Tanaman putri malu ini juga bisa dikonsumsi sebagai solusi batuk khususnya batuk yang disertai dengan dahak. Untuk membuat ramuan menyembuhkan batuk, anda bisa merebus 10 hingga 15 gram daun putri malu dengan air secukupnya sampai mendidih dan setelah dingin bisa diminum. Selain menyembuhkan batuk, tanaman ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah pernafasan lainnya seperti pilek serta penyakit pernapasan atas lainnya.
  1. Mengobati Luka
Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika akar dari tanaman putri malu sangat baik digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini dikarenakan dalam akar putri malu mengandung fenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit. Bahkan dalam sebuah situs luar negeri juga dikatakan jika tanaman ini juga berguna untuk pertolongan pertama luka bakar.
  1. Mengobati Hepatitis
Manfaat berikutnya dari tanaman putri malu adalah bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati hepatitis. Mengkonsumsi air rebusan putri malu ini bisa meredakan penyakit hepatitis sekaligus meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang terjadi karena serangan virus hepatitis tersebut.
  1. Menjaga Kesehatan Hati
Dari sebuah penelitian juga dibuktikan jika keracunan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan tanaman putri malu sebab kandungan ekstrak putri malu ini bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga organ hati bisa terlindungi dari racun berbahaya.
  1. Mengatasi Insomnia
Untuk anda yang mengalami gangguan susah tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomnia tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan dalam putri malu juga dikatakan bisa mengatasi masalah tidur tersebut dengan cara merebus 50 gram putri malu secukupnya dan diminum malam hari sebelum pergi tidur.
  1. Menghentikan Pendarahan dan Infeksi
Ekstrak bubuk tanaman putri malu juga berguna untuk kesehatan kulit karena kandungan senyawa tanin dan juga sumber antioksidan yang sangat penting untuk menghentikan pendarahan dan juga menurunkan risiko infeksi serta membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit yang lebih sehat.
  1. Mengatasi Demam
Untuk anda yang menderita demam dan sakit kepala juga bisa memanfaatkan daun putri malu sebab memiliki khasiat untuk menurunkan demam dan mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, menggigil dan juga keringat dingin. Kandungan dalam putri malu ini ampuh untuk mengontrol suhu tubuh agar bisa selalu normal sehingga demam dan panas bisa diturunkan dan terjadi kembali.
  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Dari sebuah situs juga dijelaskan jika dalam tanaman putri malu memiliki kandungan mikronutrien yang sangat penting seperti tembaga, magnesium, seng, zat besi dan juga mangan yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan sel dalam tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  1. Mengencerkan Dahak
Bagian daun tanaman putri malu ini juga ampuh digunakan untuk mengencerkan dahak di tenggorokan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ini, maka dahak akan lebih encer sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dikeluarkan.
  1. Melancarkan Saluran Kemih
Air rebusan tanaman putri malu juga bisa anda manfaatkan sebagai pelancar saluran kemih sebab kandungan dalam daun ini memiliki sifat anti bakteri sehingga tubuh bisa terhindar dari serangan bakteri serta kuman.
  1. Pencegahan Disentri
Dari sebuah penelitian di salah satu Universitas di Indonesia juga dibuktikan jika ekstrak tanaman putri malu memiliki kandungan anti bakteri yang bagus untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri yakni bakteri shigella dysentriae yakni bakteri penyebab disentri.
  1. Menangkal Bisa Ular
Tidak hanya mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi serta manfaat antioksidan, namun tanaman ini juga memiliki sifat anti bisa sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkal racun dari ular berbisa seperti kobra. Akar dari tanaman putri malu yang sudah dikeringkan dan direbus membuktikan jika ekstrak tersebut terbilang efektif untuk menghambat racun dari bisa ular tersebut namun sebaiknya tetap dilakukan oleh pakar agar dosis yang digunakan bisa tepat.
  1. Menyembuhkan Rematik
Tidak hanya ada banyak manfaat daun sukun untuk asam urat dan rematik, namun putri malu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada sendi tersebut. Rematik adalah salah satu masalah peradangan yang terjadi di area persendian karena autoimun dalam tubuh yang rendah. Dari hasil penelitian terbukti jika tanaman putri malu ampuh digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada penderita rematik. Caranya adalah dengan merendam tanaman putri malu pada arak putih selama 2 minggu lalu gunakan tanaman putri malu yang sudah direndam tersebut untuk kompres bagian tubuh yang sakit.

0 Response to "8 Manfaat Ajaib Akar Putri Malu Yang Paling Ampuh Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel